Selasa, 03 Oktober 2017

Berdasarkan lapisan penyusunnya,Perbedaan antara jaringan otot polos, otot jantung, dan otot lurik berdasarkan strukturnya?

Berdasarkan lapisan penyusunnya

Berdasarkan lapisan penyusunnya, jaringan epitel dibagi menjadibeberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Epitel Pipih SelapisJaringan epitel pipih selapis disusun oleh selapis sel yang berbentukpipih. Sel-sel pada jaringan epitel pipih selapis tersusun sangat rapat.Lokasi :Epitel pipih selapis terdapat pada jaringan epitelium pembuluh limfe(getah bening), pembuluh darah kapiler, selaput pembungkus jantung, paru-paru, ginjal, dan selaput perut.Fungsi : Jaringan ini berfungsi dalam proses difusi, osmosis, filtrasi, dansekresi.
2. Epitel Pipih Berlapis BanyakJaringan epitel pipih berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu selyang berbentuk pipih. Sel-sel pada jaringan epitel pipih berlapis banyaktersusun sangat rapat.Lokasi : Jaringan epitel pipih berlapis banyak terdapat pada jaringanepitelium rongga mulut, rongga hidung, esofagus, telapak kaki, dan vagina.Fungsi : Fungsi jaringan ini adalah sebagai pelindung.
3. Epitel Silindris SelapisJaringan epitel silindris selapis disusun oleh selapis sel yang berbentuksilindris. Lokasi : Jaringan initerdapat pada epitelium kelenjar pencernaan,jonjot usus, kantung empedu, lambung (ventrikulus), danusus (intestinum).Fungsi : Jaringan epithelium ini berfungsi untuk penyerapan nutrisi di ususdan sekresi.2
4. Epitel Silindris Berlapis BanyakJaringan epitel silindris berlapis banyak disusun oleh lebih dari satulapis sel berbentuk silindria.Lokasi : Jaringan ini terdapat pada jaringan epitelium laring, faring, trakea,dan kelenjar ludah.Fungsi : Jaringan epitel silindris berlapis banyak berfungsi dalam sekresi dansebagai pelindung.
5. Epitel Kubus SelapisJaringan epitel kubus selapis disusun oleh selapis sel yang berbentukkubus. Lokasi : Jaringan ini terdapatpada epitelium permukaan ovarium,lensa mata, nefron ginjal, dan kelenjar tiroid.Fungsi :Jaringan epitel kubus selapis berfungsi dalam sekresi dan sebagaipelindung.
6. Epitel Kubus Berlapis BanyakJaringan epitel kubus berlapis banyak disusun oleh lebih dari satu lapissel yang berbentuk kubus.Lokasi : Jaringan ini terdapat pada epitelium folikel ovarium, permukaanovarium, testis, saluran kelenjar minyak, dan kelenjar keringat pada kulit.Fungsi : Jaringan epitel kubus berlapis banyak berfungsi dalam sekresi danabsorpsi, serta melindungi dari gesekan dan pengelupasan.3
7. Epitel TransisiJaringan epitel transisi disusun oleh berlapis-lapis sel. Jaringan initidak dapat dikelompokkanberdasarkan bentuknya karena bentuk jaringanepitel transisi dapat berubah dan permukaan lapisannyadapat mmenggembung

Perbedaan antara jaringan otot polos, otot jantung, dan otot lurik berdasarkan strukturnya?
1.Otot Polos : 
-Tersusun oleh sel otot polos 
-Bentuknya gelondong/kupara,bagian tengah mengembang dan pada ujungnya meruncing 
-Tiap selnya berinti satu 
-Tidak melekat pada tulang/rangka 
terdapat di otot alat dalam,misal pd usus,alat penafasan dll 
2.Otot Lurik 
-Tersusun oleh sel otot lurik 
-Berbentuk serabut memanjang 
-Berinti banyak dan tempat garis2 terang serta garis2 gelap yan melintang 
-Melekat pada tulang/rangka 
-Terdapat pd otot rangka,misal otot lengan,dada dll 
3.Otot Jantung 
-Tersusun oleh sel otot lurik,sehingga termasuk otot lurik 
-Bentuknya serabut memanjang,silindris dan bercabang 
-Inti selnya terdapat di tengah2 serabut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar